Katanya “Online” tapi kok?


Beberapa hari yang lalu, aku disibukkan dengan masalah pelaporan pajak taunan yang batas akhir pelaporannya 31 maret 2011, kalau belum di laporkan akan di denda Rp.100.000. Pajak adalah kewajiban setiap warga negara kepada negara dan juga bentuk kepatuhan kepada negara dalam hal ini pemerintah, seperti kata iklan “orang bijak taat pajak” ( jadi berhubung aku mencoba untuk bijak ya..gitu deh ).

Gambar dipinjam dari sini

Setiap tahun seseorang yang bekerja dalam suatu institusi pemerintah atau perusahaan dan penerima pensiun atau tunjangan hari tua akan mendapat bukti pemotongan pajak penghasilan PPh 21 ( formulir 1721 -A1 ) .

Biasanya setiap tahun aku mendapat kiriman surat dari kantor pelayanan pajak yang isi bukti pemotongan pajak penghasilan PPh 21 itu, tapi tahun ini aku tidak mendapat kiriman surat itu, mungkin karena tempat domisiliku yang berubah. Biasalah namanya pekerja swasta pindah tempat kerja dan pindah kota tapi masih dalam negri aja,soalnya belum laku jualan jasa ke manca negara 🙂 .

Karena ingin menjadi warga negara yang baik melaporlah aku ke kantor pelayanan pajak yang berada tak jauh dari kantor tempatku bekerja di salah satu jalan utama di Jakarta Selatan.

Tadinya aku pikir dengan sistem online yang sudah diterapkan DitJen Pajak semua urusan bisa lebih mudah karena dalam terminologi berpikirku namanya sistem online mesti kita bisa mengakses semua informasi dari semua tempat asalkan terhubung dengan  data center atau data base dan tentunya punya akses ( seperti Online Banking ).

Setelah sampai di kantor pelayanan pajak aku langsung menuju tempat pelayanan konsultasi pajak. Setelah memperkenalkan diri kepada petugas yang melayani konsultasi pajak maka terjadilah  percakapan ini.

Aku : ” Bu, saya mau nanya nih, saya kan NPWP nya terdaftar di kota A, karena dulunya saya bekerja di kota itu, tapi sekarang saya sudah pindah tempat kerja dan pindah ke kota ini, bisa ga saya mendapatkan bukti pemotongan pajak saya tahun 2010 lalu”

Petugas : “wah kami tidak bisa memberikan itu pak, karena NPWP bapak terdaftar di kota A itu, maka pihak KPP ( Kantor Pelayan Pajak ) sana lah yang berwenang mengeluarkannya, karena itu bukan wilayah kerja kami”.

Aku : “owh gitu, tapi bukannya sistem pelaporan perpajakan sudah online Bu, kalo online harusnya bisa dong bukti pemotongan PPh 21 saya di tracing dari sini, sehingga saya ga harus balik ke kota A hanya untuk meminta bukti Pemotongan itu”.

Petugas : ” Tidak bisa pak, jadi prosedurnya harus begitu, bapak harus ke KPP kota A untuk meminta bukti Pemotongan itu”.

Aku : ” wah kotanya jauh bu di seberang pulau Jawa, saya bisa minta kemudahan ga, karena bukannya saya ga mau melapor atau menghindari pajak, inikan kasuistik sifatnya”.

Petugas : ” cara satu-satunya ya….cuma itu pak, maaf”.

Aku : ” *tertunduk lesu * “

Sebagai orang yang awam dalam masalah perpajakan aku jadi berpikir, ini birokrasi kok ya  sulit banget, sistem online seperti apa yang sebenarnya di berlakukan DitJen Pajak dalam mengakomodir pelaporan pajak setiap warga negara di republik ini. Karena mungkin saja bukan hanya aku yang mengalami masalah seperti ini, karena banyak juga pekerja swasta yang biasa berpindah dari tempat kerja yang satu ke tempat yang lain, terkadang berbeda kota juga, akan mengalami masalah yang sama, soalnya saat pindah kota pastinya kita berganti KTP, tapi ya sistemnya perpajakannya memang begitu mau diapain lagi 😦 .

Paling tidak aku dapat pelajaran baru lah dari ribetnya sistem birokrasi pelaporan pajak di Negri ini yang katanya “OnLine” itu, kalau mau pindah tempat kerja, pindah kota dan berganti KTP sebaiknya mmindahkan nomer NPWP ke KPP kota yang baru tersebut biar ga ribet dan bikin keliyengan gini 😦 . Aku berharap mudah-mudahan kedepannya sistem perpajakan di negri ini bener-bener Online sehingga mempermudah orang yang sering pindah kota seperti aku.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

