Java Rockin’ Land 2010


Sudah lama mau posting ini tapi ga sempet-sempet (sok sibuk..baanget.. gw ya’ ) baru kali ini ada waktu ya sekalian killing time aku corat-coret dulu soal konser musik terbesar bulan oktober lalu di Jakarta. Java Rockin’ Land 2010 (JRL 2010) adalah event music rock tahunan yang digelar 3 hari berturut-turut di Pantai Carnaval Ancol oleh promotor PT Java Festival Production (JFP), setelah pegelaran dianggap sukses tahun lalu tepatnya tanggal 7,8 dan 9  Agustus 2009 yang menghadirkan musisi lokal maupun internasional seperti Mr.Big, Third Eye Blind dan lainnya maka pihak promotor menggelar lagi event ini tanggal 8,9, dan 10 oktober 2010. Pada gelaran JRL 2010 ini yang di gadang-gadang panitia sebagai yang terbesar se-AsiaTenggara, masih diramein sama musisi lokal yang gahar-gahar kaya’ Koil , Seringgai, yang agak-agak sendu ada naif  dan alexa dan ga ketinggalan yang udah karatan di industri musik negeri ini kaya’  Slank juga ikut ngeramein acara ini. Kalau dari internasional sih ada yang paling legendaris Wolfmother,trus ada The Smashing Pumpkins, Dashboard Confessional, The Vines, ada juga Stereophonics, Arkarna dan yang lain.

Berhubung aku cuma ngeliat hari kedua karena pas hari pertama mau nonton ga jadi coz Jakarta di guyur ujan terus mulai dari sehari sebelumnya maka di batal deh.  Kabar dari temen-temen yang nonton di hari pertama ujannya cukup bikin tuh lapangan kaya’ sawah trus Billy Courgan pentolan The Smashing Pumpkins maennya ga sesuai harapan penonton. Abis denger itu, kepikiran deh untung aku ga jadi beli tiket kalo ga bakalan nyesel . Nah.., hari kedua nih dapet tiket gratisan jadi harus dipake kalo ga hangus.

Setelah berjibaku dengan kemacetan ibukota sampe juga akhirnya di Pantai Carnaval sekitar jam 7 malem. Dari 10 stage  yang ada di JRL tahun ini ada 2 stage yang gede Langit Music Stage dan main stagenya Gudang Garam Internasional stage. Pas nyampe di pantai carnaval,  Slank lagi perform di main stage cuma belum terlalu rame sih penonton yang dateng, makin malam makin rame aja yang dateng mungkin mereka punya pikiran yang sama dengan aku, pengen liat band internasionalnya aja niatnya yang rata-rata perform di atas jam 7 malem, soalnya kalo band lokal sudah sering liat performancenya.

Sekitar setengah 9 malem di main stage yang perform Chris Carabba cs alias Dashboard Confessional. Setelah sekitar 15 menitan penonton yang rame mulai treak-treak apalagi single hits mereka yang di bawain kaya’  Stolen, You’ are my star, Mr.Writer sampe Belle the Boulevard ,tapi paling heboh waktu single Vindicated ( Ost Spiderman ) dibawain makin riuh aja orang-orang di bawah stage.

Dashboard COnfessional

Setelah lebih kurang satu jam perform Chris Carabba cs mengakhiri performancenya . berhubung perut dah mulai keroncongan jejingkrakan di bawah stage bareng temen-temen yang laen mampirlah ke sini tempat yang punya menu makanan praktis buat ganjel perut yang keroncongan.

Menjelang jam 10 malem pengunjung mulai berbondong-bondong lagi memenuhi lapangan Langit Music stage tempat Ollie Jacob cs alias Arkarna perform. Dengan gitaris barunya Matt, band cukup bikin pengunjung seneng sampe jejingkrakan walaupun kualitas sound systemnya ga terlalu bagus.  Band asal London yang hits lewat single So Little Time yang merupakan jagoan di Fresh Meat Album menurutku paling komunikatif  buat internasional band yang perform malam itu. Malam itu Ollie cs. bawain single hits mereka kaya’ Life is Free, Stoned, So little Time sampe Rehab.

Arkarna

Arkarna

Kalo pas Dashboard Confessional aku ga bisa ngerecord performnya karena ga dapet angle yang bagus kali ini karena dapet tempat yang agak lumayan bagus, ya… aku bisa record performanya mereka, walaupun alakadarnya wong cuma pake hape buat kenang-kenangan anak cucu nanti ( norak banget ya.. biarin :p )  hehehe.

Arkarna

Nah sekitar jam 11 malem Kelly Jones cs alias Stereophonics adalah band internasional terakhir yang perform dan itu di main stage, yak bergeser lah lagi para penonton yang haus hiburan itu termasuk aku ke Gudang Garam Internasional stage yang bersebelahan ama Langit Music stage tempat Arkarna perform sebelumnya. Malam itu cuaca bersahabat  banget pokoknya dari sore ujan rintik-rintik sebentar aja tapi ga sampe buat buat lapangan jadi kaya’  sawah seperti hari pertama. Oh iya, jadi inget gara-gara hari pertama hujan dan lapangan becek banget ada beberapa pengunjung cewe’ yang bela-belain pake sepatu bot karet yang biasa di pake buat ke pasar ikan atau ke sawah itu lho (ga sempet foto buat bukti, tapi beneran ada lho \m/  ).  Stereophonics memang ga sekomunikatif Arkarna tapi kualitas sound system mereka paling yahud dari semua band yang perform malam itu. Band asal Wales ini menghibur banget malam itu dengan single-single hitsnya kaya’ Innocent, Dakota, Superman sampe May be tomorrow.

Stereophonics

Arkarna

Stereophonics

Tapi harus diinget buat cewe’ – cewe’ mungil yang mau ikutan nonton konser ginian, carilah pasangan  kalian yang badannya gede, soalnya mereka dibutuhin banget buat ngegendong kalian di pundak biar bisa ngeliat band yang lagi perform di stage. Kaya’ gini nih salah satunya, mungkin ini dapet inspirasi dari iklan produk rokok yang tayang di TV nasional itu kali ya’.

Jam 12 malem pestanya bubar dan orang-orang pun mulai mencari angkutan balik, dari sini cerita sedih soal perjalan balik ke rumah di mulai . Karena ga ada taksi dari pantai Carnaval ke luar Ancol malem itu, terpaksa naek ojek dari pantai karnaval ke mangga dua, najiss banget deh harganya jauh di atas normal tapi… dari pada ga pulang ya dengan berat hati lah harus merogoh kocek agak dalam. Eits… itu belom seberapa dari mangga dua harus jalan lagi sampe perempatan baru dapet taksi , ga tau kenapa malem itu bluebird ga ada yang mau berenti distopin  padahal kosong..asem..tenan , sekitar hampir satu jam nongkrong di warung kopi deket perempatan, tara…….. datang lah sang taksi pemyelamat, walhasil kerumah harusnya cuma 45 menitan gara-gara nunggu taksi yang pada sombong malam itu ga mau berenti d stopin *huh..!! ( masih kesel soalnya..kalo inget malam itu)  sampe rumah sudah mau subuh aja. Oleh-oleh dari JRL 2010 hari ke 2 itu kaki pegel dan encok tapi hati seneng . Hari ke 3 perhelatan konser cuaca juga bersahabat cuma badan udah ga kuat , seharian dipake buat bayar utang tidur aja. Kabar dari temen-temen yang nonton,  Wolfmother ama Koil gahar banget performnya. Semoga tahun depan ada lagi yang event bgituan dan maunya sih yang datang sekelas Metallica atau Bad Religion kalo ga Green Day juga ga apa apa. Semoga orang-orang di PT Java Festival Production (JFP) baca postingan ini dan tahun depan Metallica beneran dateng (ngarep banget soalnya seumur-umur belom pernah liat mereka live ).

Advertisements
  1. lupa mau titip salam buat ollie.. :”)

    • yah Ollie dah balik ke london, tapi tenang nanti ta’ salamin sama Ollie Mesran Pertamina :p

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: